Selasa, 02 Desember 2008

Dokter [jadi-jadian]

Rika sakit kudis dan tetap masuk sekolah, sehingga banyak temannya yang menjauhinya. Kalaulah mereka mendekat, maka bukan untuk menghiburnya tapi justru mengejeknya.

"Ayo Rika, kita main di luar. Disana banyak lalat yang menunggumu. Kamu pasti menjadi santapan lezat mereka," kata Alex mengejek.

Rika hanya diam. Hatinya sedih. Lama-lama meneteslah air matanya membasahi pipi.

Begitu cerita yang tertulis di PRnya LiLo [anakku yang masih SD].

Cerita ini mengajarkan anak-anak untuk tidak membedakan teman. Kalaulah ada Alex yang begitu jahat pada Rika, maka ternyata di akhir cerita ada juga kawan-kawan Rika yang rupanya adalah sahabat Rika yang tetap setia menemani Rika dan menghiburnya.

Tuhan yang menciptakan sakit dan Tuhan pula yang mempunyai obatnya. KepadaNyalah kita bermohon untuk disembuhkan.

Bila kita mampu menerima sakit yang diderita dengan ikhlas, maka bukan tidak mungkin dosa-dosa kita akan berguguran bersama keikhlasan kita itu.

Saat musim hujan ini, maka biasanya ada tiga penyakit yang menjadi langganan. Tiga penyakit itu muncul karena kebersihan lingkungan yang kurang akibat hujan yang terus turun dan drainasi yang kurang baik.

Banyaknya nyamuk di musim hujan tentu akan menyebabkan tingginya angka penyakit Demam berdarah. Jadi siap-siaplah untuk selalu menjaga lingkungan [buang sampah pada tempatnya, timbun sampah dan jangan dibakar, pastikan tidak ada hambatan di selokan/got, bak mandi selalu rajin dikuras, tidak ada genangan air dan siangi kebun untuk menjaga nyamuk aedes aegepti].

Penyakit lainnya yang menjadi langganan musim hujan adalah diare dan influenza [flu]. Dua penyakit ini dapat dicegah dengan cara selalu menjaga kebersihan tangan saat makan, jangan suka jajan di sembarang tempat, banyak makan buah dan minum air putih [hangat].

Khusus diare, usahakan ada oralit di rumah, sehingga bila ada yang terkena penyakit ini dapat langsung diminumkan agar tidak terjadi dehidrasi. Terlalu sering buang air besar akan membuat cairan dalam tubuh terbuang keluar, sehingga terjadi dehidrasi, tubuh akan menjadi sangat lemah dan penyakit lainpun akan mudah masuk, bila tidak segera diobati.

Memang sebenarnya kunci sehat itu mudah, tapi sering dipersulit oleh diri kita sendiri. Kesibukan kerja dan kemalasan makan buah/sayur dan olah raga sering membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap penyakit.

Jauhi "junk food" meskipun penampilannya begitu menggoda dan mudah dibuat/didapat. Usahakan selalu sarapan pagi, meskipun hanya sepotong kue, sebutir telor, satu paha ayam, dua ekor ikan gurami, sepiring nasi liwet dan segelas susu [halah ini mah makan besar!:-)].

Badan kita juga penuh dengan air, sehingga asupan air [minum] yang cukup akan membuat tubuh kita menjadi nyaman. Air yang hilang karena kegiatan tubuh kita akan tergantikan dan ini membuat kulit jadi tidak kusam, kepala tidak pening karena peredaran darah yang tidak lancar.

Wah, aku kok kayak dokter aja ya?

Padahal itu hanya hasil bacaan di tabloid-tabloid aja. Mohon para dokter yang ahli dapat mengkoreksi tulisan ini [corect me if i'm wrong=CMIIW].

Kalau ternyata masih sakit juga, maka berobatlah ke dokter yang benar, jangan sekali-kali ke dukun [apalagi ke dukun beranak, halah ..... !!!]

Setelh berobat [dengan benar] ikuti dengan doa pada Yang Maha Menyembuhkan.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi-Ku, dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Q.s. al-Baqarah: 186).

Salam

Tidak ada komentar: