Senin, 09 Maret 2009

SAVE THE EARTH

Ketika menginjakkan kaki pasca tsunami di Ule-le BandaAceh, maka hamparan tanah yang dulu penuh dengan rumah dan pepohonan itu sudah musnah.

Kejadian bertahun lampau itu masih juga membekas di ingatan dan belum juga mau hilang. Begitulah kalau bumi sedang marah, goyangannya bisa membuat ratusan bahkan ribuan orang menjadi tanpa daya.

Tak ada yang dapat dilakukan manusia ketika bumi sedang marah. Semua bencana disadari adalah akibat ulah manusia, akan tetapi tak bosannya manusia terus berulah untuk membangkitkan kemarahan bumi.

Penggunaan air tanah yang berlebihan di Jakarta sudah merusak kondisi lapisan tanah, rongga-rongga di bawah tanah sudah mulai bermunculan dan di beberapa tempat sudah menunjukkan bukti dengan turunnya muka tanah [tempo edisi cetak Minggu, 8 Maret 2009, halaman A8-9]

Jakarta akan ambles di tahun 2012 atau 3 tahun lagi dan ini bukan guyonan atau ancaman kosong. Ini hitungan matematis yang dibuat oleh Firdaus Ali, anggota Badan Regulator Pelayanan Air Minum DKI Jakarta Bidang Teknik.

Banyak orang menyangsikan temuan Firdaus, akibatnya tidak ada langkah kongkret untuk menyelamatkan Jakarta dari ambles tahun 2012.

Lalu apakah sebenarnya kita harus percaya dengan temuan Firdaus ini?

Mari kita berpikir bersama-sama untung ruginya mempercayai temuan ini. Apa sih ruginya jika percaya pada temuan ini?

  1. Masyarakat akan panik, perdagangan di Jakarta akan ikut tergangu.
  2. Pemerintah panik dan mulai menerapkan aturan yang akan ditentang oleh banyak pengusaha di Jakarta yang selama ini suka boros menghabiskan air tanah [sumur dalam].
  3. Siap-siap diketawain karena bukan mustahil tahun 2012 tidak terjadi apa-apa di Jakarta
  4. Silahkan tambahkan sendiri

Lalu kalau kita percaya pada temuan itu, apa untungnya.

  1. Secara perlahan kita lakukan sosialisasi terhadap masyarakat, bahwa bencana Jakarta ambles itu benar akan terjadi, tetapi banyak jalan yang bisa ditempuh agar kondisi itu bisa dihindari [keuntungan ini menjawab kerugian nomor 1].
  2. Pemerintah mengundang para pemakai air tanah [sumur dalam] dan menjelaskan kondisi yang akan terjadi berdasar temuan ini, sehingga saat ada penetapan peraturan berkaitan dengan penggunaan air tanah, mereka sudah bisa menerimanya dan [yang paling penting] menjalankannya [menjawab kerugian nomor 2]
  3. Bila tahun 2012 tidak terjadi tanah ambles dan diketawain, maka masih mending diketawain karena melakukan hal yang benar daripada diketawain karena melakukan hal yang salah.
  4. Kalau kerugian nomor 4 anda isi, maka keuntungan nomor 4 ini silahkan diisi juga.

Apa pendapat anda untuk menyelamatkan bumi ini?

Peringati hari Bumi 2009 dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada. Selamat menjadi perawat Bumi yang telaten.

SAVE THE EARTH

Amin.

Tidak ada komentar: